Kamis, 09 Februari 2017

ekspedisi 7 summit mapala unimed semeru series

Ekspedisi seven summits volcano indonesia (semeru series)
Mapala Unimed

 
Istilah Seven Summits pertama kali diperkenalkan oleh Richard (Dick) Daniel Bass, warga negara Amerika Serikat, sekitar tahun 1980. Bass membuat sebuah daftar yang berisi 7 puncak tertinggi di tujuh benua. Daftar ini dikenal dengan “Bass list”. Bass menyelesaikan pendakian seven summit-nya dengan pendakian Everest pada tanggal 30 April 1985, namun kemudian “Bass List” ini direvisi oleh Reinhold Messner dengan mengganti puncak tertinggi di australia yaitu gunung Kosciuszko dengan Cartenz Pyramid yang terletak di Papua, mewakili wilayah Oceania. Revisi Messner inilah kemudian dikenal sebagai “Messner List” yang menjadi lebih populer di dunia. Seven Summits versi Messner List ini pertama kali diselesaikan oleh Patrick Morrow (Canada) pada tanggal 7 Mei 1986, disusul oleh Messner sendiri beberapa bulan berikutnya, yaitu pada tanggal 3 Desember 1986.

Mapala Unimed sendiri memiliki Program Kerja Lima Tahun (Prolita) yakni Ekspedisi “Seven Summits Volcano Indonesia Mapala Unimed”, ekspedisi ini sudah berlangsung pada bulan agustus 2016 lalu. Ekspedisi ini dilakukan secara bertahap selama 5 tahun, diharapkan 7 puncak tertinggi di Indonesia bisa tercapai. Ekspedisi yang telah berlangsung tahun 2015 telah terlaksana dengan Pendakian Gunung Kerinci, Kab.Solok Selatan, Sumatera Barat. Tahun 2016 ini Ekspedisi Seven Summits telah terlaksana di Gunung Semeru Kab. Lumajang, Jawa Timur.  Mapala Unimed mengirim 3 orang delegasi terpercaya untuk melakukan ekspedisi ini, mereka yakni : 

1.      Arnold Kristian Siagian (bunk Cairop) Fakultas Ilmu Keolahragaan
2.      Irwan Hidayat (bunk Karten) Fakultas Teknik
3.      Iga Wihantara Hasibuan (bunk Pekalab) Fakultas Teknik
Nah, untuk Tahun depan Mapala Unimed akan melaksanakan Ekspedisi Seven Summits di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk Pengurus tahun depan semangat terus ya agar progja kita bisa berjalan. Bagi konkawan yang ingin mengikuti Ekspedisi ini, caranya mudah kok harus bergabung dan jadi anggota dulu ya di Mapala Unimed.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar