Selasa, 31 Desember 2019

DAMPAK PENAMBANGAN BATU BARA TERHADAP LINGKUNGAN

Image result for gambar penambangan batu bara hd
Foto : Istimewa

Penambangan batu bara selain mendapatkan keuntungan yang mengiurkan juga memiliki dampak yang sangat mengerikan jika kita lihat lebih teliti. Dampak yang dapat kita rasakan terhadap lingkungan sekitar kita yaitu :
  • Pencemaran Air, kandungan yang terdapat di dalam batu bara memiliki besi sulfide yang menghasilkan asam sulfat tinggi dan apabila berinteraksi dengan air akan menyebabkan biota yang di dalam air akan mati jika biota tersebut sensitive terhadap perubahan ph lingkungannya.
  • Pencemaran Udara, dampak terhadap kualitas udara adalah peningkatan konsentrasi debu (partikulat) akibat aktivitas pengerukan atau penambangan dan pengangkutan, terutama berlangsung pada musim kemarau. Kuantitatif dampak relative kecil, hanya di sekitar Lokasi penggalian dan jalur transportasi yang dilalui dan berlangsung hanya untuk sementara waktu selama oprasi. 
  • Pencemaran Tanah, penambangan batubara dapat merusak vegetasi yang ada, menghancurkan profil tanah asli, menggantikan profil tanah asli, menghancurkan satwa liar dan habitatnya, degredasi kualitas udara, mengubah pemanfaatan lahan dan hingga pada batas tertentu dapat mengubah topografi umum daerah penambangan secara permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar